Penelitian Terbaru: Sauna Sangat Bagus untuk Tekanan Darah dan Hipertensi

Sebuah penelitian di Finlandia menunjukkan bahwa kunjungan sauna secara teratur dapat mengurangi risiko tekanan darah tinggi.

Studi tersebut, di American Journal of Hypertension, melibatkan 1.621 pria paruh baya dengan tekanan darah normal yang diikuti rata-rata 25 tahun. Selama masa itu, 251 mengembangkan hipertensi.

Dibandingkan dengan mereka yang melaporkan satu sesi sauna dalam seminggu atau kurang, mereka yang mengambil dua atau tiga sesi kemungkinan 24 persen lebih kecil terkena hipertensi, dan empat sampai tujuh kunjungan seminggu mengurangi risiko sebesar 46 persen. Penelitian ini dikontrol untuk indeks massa tubuh, konsumsi alkohol, denyut jantung istirahat, merokok, riwayat keluarga hipertensi dan variabel lainnya.
Penelitian ini bersifat observasional dan tidak membuktikan sebab dan akibat, namun penulis senior, Dr. Jari A. Laukkanen, seorang profesor kedokteran di Universitas Finlandia Timur, mengemukakan beberapa kemungkinan mekanisme. Kehangatan sauna, katanya, meningkatkan fleksibilitas pembuluh darah yang memudahkan aliran darah, dan kehangatan dan pendinginan berikutnya dari sauna khas Finlandia mendorong relaksasi umum yang membantu dalam memoderasi tekanan darah. Selain itu, berkeringat menghilangkan kelebihan cairan, bertindak sebagai diuretik alami. Diuretik termasuk obat tertua yang digunakan untuk mengobati hipertensi.

“Ini kabar baik,” katanya sambil tertawa pelan. “Hal yang sehat yang menyenangkan dilakukan, dan tidak melibatkan pengorbanan.”

 

Referensi: https://academic.oup.com/ajh/article-abstract/doi/10.1093/ajh/hpx102/3867393/Sauna-Bathing-and-Incident-Hypertension-A

Leave a Reply