5 Hal yang Dilarang Ketika Menikmati Sauna

5 Hal yang Dilarang Ketika Menikmati Sauna

Menikmati sauna setelah menjalani hari panjang dan melelahkan dapat membuat tubuh menjadi segar kembali. Bagi penikmat sauna ada beberapa hal yang sebaiknya tidak dilakukan saat berada dalam sauna. Selain dapat menyegarkan tubuh, menikmati sauna dapat membantu tubuh untuk membakar kalori lebih banyak, sehingga melakukan sauna setelah aerobik dapat menambah efektifitas program diet bagi yang sedang berusaha mendapatkan berat badan ideal. Walaupun demikian bukan berarti sauna dapat digunakan untuk menurunkan berat badan secara instan dan cepat, karena pada dasarnya sauna hanya membantu menghilangkan jumlah kalori pada tubuh, yang jika jumlahnya berlebih akan disimpan oleh tubuh sebagai cadangan tenaga dalam bentuk gula atau lemak. Terlepas dari manfaat kesehatan yang ditawarkan oleh ruang sauna, sensasi menyegarkan yang diperoleh setelah melakukan relaksasi di dalamnya merupakan salah satu penyebab sauna menjadi semakin digemari oleh berbagai kalangan di Indonesia. Berikut ini beberapa hal yang perlu dihindari saat menggunakan ruang sauna, agar pengalaman sauna yang anda lakukan tetap sehat, aman dan menyenangkan.

1.          Terlalu Lama Dalam Ruang Sauna

Segera hentikan kegiatan sauna dan keluar dari ruangan apabila rasa tidak nyaman seperti gejala pusing, sesak nafas atau sakit pada bagian dada terjadi, jangan memaksakan diri untuk bertahan lebih lama dalam ruangan sauna demi mendapatkan hasil yang dibayangkan. Gejala gangguan kesehatan yang muncul ketika melakukan sauna, menunjukkan tubuh sudah tidak sanggup menahan kondisi di dalam ruangan sauna yang panas dan kering. Untuk itu jangan mencoba berusaha terlihat kuat dengan berusaha bertahan lebih lama dalam sauna, karena tujuan kegiatan ini adalah untuk menyegarkan kembali tubuh Anda dan membakar kalori berlebih, bukan berlomba adu kuat menahan panas.

2.          Memiliki Penyakit atau Sedang Tidak Sehat

Melakukan sauna memang menyegarkan dan dapat membuat kondisi tubuh menjadi fit kembali. Hal tersebut berlaku bila pengguna sauna tidak memiliki penyakit tertentu yang kontradiktif dengan kondisi di dalam ruangan sauna, serta dalam keadaan sehat. Misalnya orang dengan penyakit gangguan jantung, gangguan ginjal, asma akut tidak disarankan untuk menggunakan sauna, karena kondisi ektrim dalam ruangan sauna, dapat memicu penyakit yang Anda derita. Demikian juga bagi wanita hamil, juga tidak dianjurkan melakukan sauna, karena dapat mengganggu janin yang berada dalam kandungannya. Bagi Anda yang mengalami kondisi tersebut, sebaiknya tidak menggunakan sauna, kecuali telah mendapatkan izin beserta saran dalam melakukannya dari dokter.

3.          Setelah Mengkonsumsi Alkohol

Melakukan sauna setelah mengkonsumsi alkohol atau dalam kondisi mabuk dapat menyebabkan gangguan kesehatan yang parah. Bukan saja Anda beresiko terjatuh atau tidak sadarkan diri, karena kadar alkohol dalam darah dapat memicu gangguan jantung. Selain itu kondisi di dalam ruangan sauna dapat memperpanjang efek dari alkohol yang Anda minum.

4.          Kekenyangan atau Sedang Lapar

Saat Anda kenyang tubuh sedang berusaha untuk mencerna makanan yang masuk ke dalam tubuh, sehingga metabolisme meningkat dan darah diprioritaskan dalam proses tersebut. Melakukan sauna dalam kondisi kenyang dapat mendatangkan rasa tidak nyaman serta mual, karena kondisi panas dan kering yang ada, dapat membuat proses pencernaan terganggu. Sebaliknya, dalam kondisi lapar, tubuh akan menjadi lebih lemah, sehingga daya tahan terhadap panas akan berkurang, dan ini juga bukan kondisi ideal untuk menikmati sauna.

5.          Menggunakan Perlengkapan Kaca atau Logam

Menggunakan perlengkapan yang terbuat dari kaca atau logam beresiko membuat kulit Anda melepuh, karena kaca dan logam merupakan penghantar panas yang baik. Untuk itu lepaskan dulu perlengkapan yang terbuat dari kaca atau logam sebelum menikmati sauna. Misalnya lepaskan kacamata, jam tangan, kalung atau body piercing yang Anda kenakan sebelum masuk ke dalam ruangan sauna. Kontraktor Ruang Sauna Profesional Selain melakukan ke lima hal di atas, kualitas ruangan sauna maupun pemanas yang digunakan juga dapat memengaruhi keamanan maupun kenyamanan penggunanya. Untuk itu Anda memerlukan bantuan tenaga profesional saat akan membangun ruangan sauna yang berkualitas. Sebagai salah satu konsultan pembangunan fasilitas spa terbaik di Indonesia, Grand Sauna Indonesia telah membangun serta melakukan perawatan banyak ruang sauna di Indonesia. Pengalaman kami yang sudah teruji pada berbagai tempat di Indonesia, menjadikan hasil karya kami suatu bukti nyata kualitas layanan yang kami berikan.

Jasa Pembuatan Ruang Sauna

Walaupun Anda dapat membuat sendiri fasilitas sauna di rumah Anda namun hasilnya tidak akan seindah maupun senyaman buatan profesional. Untuk itu jika Anda menginginkan fasilitas sauna yang artistik, aman dan nyaman saat digunakan, Anda dapat menghubungi kontraktor pembuatan ruang sauna yang profesional, seperti Grand Sauna Indonesia. Sebagai salah satu konsultan sauna maupun ruang steam uap terbaik di Indonesia, Grand Sauna Indonesia memberikan layanan jasa pembuatan maupun perawatan ruang sauna dan ruang steam uap. Produk yang kami tawarkan tidak saja hadir dengan desain yang dapat disesuaikan dengan keinginan Anda, namun juga tetap terjaga kualitasnya agar dapat memenuhi standar kesehatan maupun kenyamanan, sehingga dapat mendatangkan manfaat bagi kesehatan tubuh penggunanya. GRANDSAUNA INDONESIA Alamat: Jalan Sultan Agung No.24 Jakarta Selatan – Kode pos 12980 Phone : 021 83706355 Fax : 021 28541788 Mobile :  087775535568 E-mail: [email protected]

Leave a Reply