Bolehkah Anak Ikut Bersauna?

Jawabannya adalah Ya, boleh! Tetapi, Anda harus berhati-hati terhadap hal tertentu, baca lebih lanjut untuk mengetahuinya.

Anak-anak di Sauna; Hal-Hal Penting Yang Perlu Diperhatikan

  1. Satu orang dewasa per anak, untuk menemani dan bereaksi dengan cepat jika anak merasa tidak sehat.
  2. Panas sauna dapat memiliki efek fisik yang lebih besar terhadap anak-anak, oleh karena itu mereka hanya boleh berada di sauna paling lama 3 menit di awal.
  3. Bangku paling bawah adalah yang direkomendasikan untuk anak-anak karena sauna tidak begitu panas di sana.
  4. Untuk mendinginkan tubuh anak jangan menggunakan air dingin namun air hangat yang secara berkala mendingin, karena tidak boleh extrim perbedaan suhunya.
  5. Anak-anak tidak boleh makan 2-3 jam sebelum bersauna, karena tekanan pada tubuh anak dapat mengakibatkan mual.
  6. Anak-anak harus selalu terhidrasi dan minum air yang banyak sebelum dan sesudah sauna.

Studi Mengenai Sauna dan Anak-anak

Survei di Finlandia pada akhir 1980-an mengungkapkan bahwa satu dari empat anak diatas 13 tahun suka untuk bersauna selama lebih dari 15 menit.

Namun, 19% mengaku mengalami mual ringan, sakit kepala, pusing, demam dan jantung berdebar.

Di sisi lain mereka yang berusia 13 tahun keatas melaporkan memiliki tidur malam yang nyenyak setelah sauna.

Karena tubuh anak masih berkembang, kontrol suhu tubuhnya masih belum bekerja sebaik orang dewasa sehingga lebih rentan terhadap panas.

3 Tips Untuk Membawa Anak Ikut Bersauna

Jangan Tinggalkan Anak di Sauna Tanpa Supervisi

Sauna adalah tempat dimana anak-anak dapat mengalami kecelakaan seperti luka bakar, terpeleset dan jatuh. Anda harus selalu menyadari bahaya-bahaya tersebut dan menemani si Anak dengan tanggung jawab dan menghormati aturan. Cara terbaik bagi Anak untuk belajar adalah melalui teladan Anda, selain itu, sauna bersama menghasilkan waktu keluarga yang berkualitas.

Pertimbangkan Umur Anak Anda

Umumnya anak-anak dibawah usia 8 tahun masih belum bisa mengatur panas tubuh secara efisien, jadi tindakan pencegahan harus dilakukan di sauna. Batasi temperatur dan uap seminimal mungkin. Selalu ingatkan anak untuk terhidrasi, sediakan air dingin di bak sehingga anak dapat mendinginkan diri.

Regulasi Waktu Bersauna Si Anak

Untuk anak dibawah 3 tahun – dimulai dari 3-5 menit bersauna maksimum, sampai dengan 15 menit untuk anak berumur 15-17 tahun. Anak-anak yang lebih dewasa baru boleh menggunakan cold plunge atau shower dingin setelah bersauna.

Jasa Pembuatan Sauna

Sekian informasi dari kami mengenai sauna dengan anak, semoga bermanfaat. Jika Anda membutuhkan bantuan untuk jasa pembuatan ruang sauna, kami Grand Sauna Indonesia dari PT. Aneka Interniaga Gemilang siap untuk membantu anda (WA / CALL) 087775535568

Tinggalkan Balasan