Perbedaan Ruang Steam Uap Dengan Ruang Sauna

Banyak orang telah merasakan manfaat ruang sauna maupun ruang steam uap, namun tidak sedikit juga yang menganggap keduanya adalah hal yang sama. Padahal keduanya merupakan fasilitas yang berbeda, baik dari sarana yang digunakan, yaitu ruang steam uap dengan ruang sauna, maupun tata cara penggunaannya.  

Manfaat Ruang Sauna dan Steam Uap Di balik perbedaan antara ruang steam uap dengan ruang sauna, ternyata juga memiliki kesamaan, yaitu manfaatnya. Manfaat ruang sauna dan ruang steam uap banyak memiliki kesamaan, sehingga wajar, jika banyak orang mengira tidak ada perbedaan antara keduanya. Ada beberapa manfaat yang dapat diperoleh dari terapi yang dilakukan pada ruang steam uap maupun ruang sauna, diantaranya sebagai berikut  

Melancarkan Sirkulasi Darah

Panas yang dihasilkan pada saat mandi uap atau sauna, dapat membantu melancarkan sirkulasi darah pada tubuh. Dari sebuah penelitian ditemukan, jika tubuh melepaskan hormon aldosteron, yaitu hormon yang berfungsi pada proses pengaturan tekanan darah, pada saat seseorang melakukan terapi uap atau sauna.

Menurunkan Tekanan Darah

Dengan sirkulasi darah yang lancar, maka otomatis juga dapat menurunkan tekanan darah, dengan demikian juga membantu membuat jantung menjadi lebih sehat.

Meredakan Stres

Selain melepaskan hormon aldosteron, ternyata pada saat bersantai di ruang uap atau sauna, kadar kortisol pada tubuh juga turun, sehingga tubuh dapat menjadi lebih rileks. Kortisol merupakan hormon yang membantu mengatur tingkat stres pada manusia.

Meningkatkan Kesehatan Kulit

Pada saat di ruang sauna atau ruang steam uap, panas yang ada ruang tersebut dapat membuka pori – pori kulit, sehingga akan mempermudah proses pelepasan racun yang terserap oleh kulit.

Membakar Kalori

Pada saat berada di ruang sauna atau ruang steam uap yang panas, detak jantung akan meningkat, sehingga pembakaran kalori menjadi lebih cepat. Namun perlu diingat, jika panas pada kedua ruangan tersebut juga menyebabkan air pada tubuh menguap lebih cepat, dengan demikian Anda perlu menjaga kondisi tubuh agar jangan sampai mengalami dehidrasi pada saat berada di dalamnya.  

Perbedaan Sauna dengan Mandi Uap

Pada dasarnya, perbedaan yang mendasar antara ruang uap dengan sauna adalah konsep yang digunakannya. Ruang steam uap menggunakan kombinasi antara panas dengan kelembapan yang tinggi. Sedangkan ruang sauna menggunakan kombinasi panas dengan kondisi yang kering. Perbedaan lain yang dapat dirasakan adalah temperatur yang digunakan. Suhu pada ruang sauna biasanya di atas 60o C, bahkan ada yang mencapai lebih dari 100o C.

Kebalikannya, ruang steam uap dioperasikan pada suhu yang tidak terlalu tinggi, yaitu sekitar 40o C. Dengan demikian, bagi yang sedang mengalami flu tidak disarankan untuk menggunakan sauna, karena panas tinggi pada ruangan tersebut dapat membuat peradangan pada hidung menjadi lebih parah. Namun kebalikannya, terapi uap dapat membantu untuk melegakan hidung yang tersumbat. Sedangkan bagi penderita rematik atau arthritis, dapat menggunakan ruang sauna, karena kondisi kesehatan tersebut tidak cocok dengan kelembapan yang tinggi pada ruang uap.  

Jasa Pembuatan Ruang Sauna dan Ruang Steam Uap Baik ruang sauna maupun ruang steam uap, sudah banyak terbukti mendatangkan berbagai manfaat bagi penggunanya. Namun untuk itu diperlukan ruangan yang berkualitas dengan spesifikasi yang tepat.

Hal tersebut tentunya hanya dapat diperoleh dari kontraktor jasa pembuatan ruang sauna maupun ruang steam uap yang profesional dan telah berpengalaman di bidangnya. Sebagai salah satu konsultan kolam renang terbaik di Indonesia, Grand Sauna Indonesia memberikan layanan jasa pembuatan ruang sauna dan ruang steam uap maupun perawatannya, yang telah dipercaya membangun kedua fasilitas tersebut pada berbagai gedung maupun rumah – rumah di Indonesia. GRANDSAUNA INDONESIA

Alamat: Jalan Sultan Agung No.24 Jakarta Selatan – Kode pos 12980

Phone : 021 83706355

Fax : 021 28541788

Mobile :  087775535568

E-mail: [email protected]

Leave a Reply