Sauna Tradisional dengan Sauna Inframerah, manakah yang lebih baik?

Sauna Tradisional

Sauna sudah berusia 2.000 tahun, dan telah menjadi aktivitas sosial yang populer di banyak budaya. Jenis sauna Eropa telah menjadi sauna tradisional yang kita kenal sekarang – ruangan dengan dinding kayu dan tungku sauna. Ciri utamanya adalah penggunaan air untuk menghasilkan uap di atas tumpukan batu sauna yang panas.

Saat ini, sauna tradisional paling umum dipanaskan dengan tungku sauna elektrik. Biasanya dipanaskan antara 70º-90ºC. Pengunaan standar adalah duduk di dalam panas ruangan selama 10-20 menit, istirahat (termasuk berendam di air dingin “cold plunge” jika tersedia), dan kemudian kembali ke sauna; mengulangi siklus beberapa kali.

 

Bagaimana perbandingan dengan sauna inframerah (infrared)?

Teknologi inframerah bukanlah hal baru, tetapi sauna inframerah baru populer dalam beberapa dekade terakhir. Dirancang agar terlihat seperti sauna tradisional, sauna inframerah modern memiliki panel pemanas di dinding (tanpa tungku sauna). Suhu lingkungan biasanya jauh lebih rendah, antara 40º-60ºC. Namun, sifat penetrasi panas inframerah membuat Anda berkeringat deras, dan sistem termoregulasi Anda merespons dengan cara yang serupa (tetapi tidak identik).

Biasanya Anda akan mulai berkeringat dengan cepat, tetapi suhu yang lebih rendah berarti detak jantung yang lebih rendah. Sesi dalam sauna inframerah seringkali dapat berlangsung selama sekitar 30-45 menit. Inilah sebabnya mengapa beberapa orang menyarankan bahwa itu lebih nyaman, dan berpotensi lebih aman.

 

Sauna apa pun lebih baik daripada tidak ada Sauna

Sementara inframerah semakin populer, penelitian masih kurang, dan sebagian besar penelitian yang diterbitkan berkaitan dengan sauna tradisional (yang dengan sendirinya terbatas dalam hal bukti kuat). Masih banyak yang harus dieksplorasi tentang manfaat sauna bagi kesehatan.

Sementara itu, pesan yang dapat dibawa pulang adalah gunakan sauna apa pun yang Anda suka. Cobalah berbagai hal, dan dengarkan tubuh Anda. Mungkin Anda lebih suka sauna inframerah yang tenang, pribadi, dan lebih lembut.

Atau mungkin Anda lebih suka pengalaman sensorik yang lebih lengkap di sauna tradisional, termasuk panas, uap, dan orang-orangnya.

Apapun pilihannya, Anda akan merasa baik setelahnya. Jadi bersaunalah, dan mulailah berkeringat.

 

Kontraktor Sauna Profesional

Jangan ragu untuk menggunakan tenaga profesional saat akan membangun ruangan Sauna yang berkualitas. Sebagai salah satu konsultan pembangunan fasilitas spa terbaik di Indonesia, Grand Sauna Indonesia telah membangun serta melakukan perawatan banyak ruang Sauna di Indonesia. Pengalaman kami yang sudah teruji pada berbagai tempat di Indonesia, menjadikan hasil karya kami suatu bukti nyata kualitas layanan yang kami berikan.

Phone : 021 83706355

Fax : 021 28541788

Mobile :  087775535568

E-mail: [email protected]

Tinggalkan Balasan