10 Manfaat Kesehatan Klinis yang Terbukti dari Penggunaan Sauna

Para pembaca yang budiman, sudah selayaknya sebagai manusia yang memiliki akal sehat dan pemikiran jernih, wajib bagi kita untuk mengetahui apa manfaat dari kebiasaan kita, karena mungkin saja kebiasaan ini berdampak kepada kinerja tubuh anda, dalam artian sangat berpengaruh pada kesehatan anda yang pada akhirnya menghambat produktivitas anda.

Kondisi inilah yang membuat sauna sangat diminati oleh berbagai kalangan masyarakat di belahan dunia, misalnya saja masyarakat Finlandia. Negara tempat asal dari sauna ini ternyata memiliki sejarah yang sangat Panjang mengenai sauna itu sendiri, berbeda dengan zaman sekarang dimana sauna sudah menjadi gaya hidup dan juga menunjukan status social, masyarakat Finlandia sudah menggunakan sauna sejak zaman dahulu dan tidak dibedakan berdasarkan status social, bahkan sauna itu sendiri dapat dengan mudah dimiliki semua orang, bisa dikatakan sauna itu sudah menjadi budaya bagi masyarakat Finlandia saat itu.

Penelitian dan Pengujian Klinis

Dalam beraktifitas manusia tentu sering digiring kepada sebuah manfaat dari sebuah kegiatan, agar tidak menjadi impulsive terhadap hal apapun yang dilakukan pada setiap harinya, pun begitu juga dengan melakukan aktifitas bersauna.

Para peneliti dari berbagai belahan dunia sudah beberapa kali melakukan penelitian terhadap dampak dan efek kesahatan yang dirasakan saat rutin melakukan aktifas sauna.

Dari penelitian yang dilakukan di Finlandia, para peneliti berhasil memebuktikan secara klinis apa dampak dan manfaat melalukukan sauna itu sendiri, berikut beberapa hasil penelitian dan pengujian klinis terhadap sering melakukan sauna.

10 Manfaat Kesehatan Klinis yang Terbukti dari Penggunaan Sauna

Meningkatkan kekuatan sel Anda.

Panas telah terbukti berdampak positif pada mitokondria Anda, ‘baterai’ yang memberi daya pada sel-sel Anda, membantu tubuh Anda secara alami menghasilkan lebih banyak energi dan tetap bugar.

Memperlambat Penuaan

Regenerasi sel berarti Anda memperlambat proses penuaan. Dan jika Anda tidak yakin, lihat studi 20 tahun terhadap pria Finlandia yang menghubungkan dua hingga tiga sesi sauna per minggu dengan penurunan risiko kematian akibat penyakit kardiovaskular sebesar 23%.

Detoksifikasi logam berat dan bahan kimia.

Paparan sehari-hari terhadap logam berat yang berpotensi beracun melalui berbagai sumber berarti bahkan orang yang paling sadar kesehatan pun masih memiliki racun di dalam tubuh. Mandi sauna secara teratur membantu mengeluarkan racun seperti arsenik, kadmium, timbal, dan merkuri.

Membuat hati Anda bahagia dan sehat.

Sebuah studi tahun 2018 menemukan bahwa mandi sauna empat hingga tujuh kali per minggu mengurangi risiko kematian akibat penyakit kardiovaskular sebanyak 58%.

Menurunkan tekanan darah.

Panas sauna membantu melebarkan pembuluh darah dan meningkatkan sirkulasi, yang mengurangi tekanan darah.

Mengoptimalkan kinerja atletik.

Peningkatan aliran darah dari pengkondisian hipertermik (pengkondisian panas) mengirimkan lebih banyak darah ke jantung, yang menyebabkan peningkatan volume plasma dan sel darah merah. Proses itu memberikan lebih banyak oksigen ke seluruh tubuh, mendorong kinerja atletik.

Meningkatkan fungsi dan pemulihan otot.

Karena lebih banyak aliran darah dan oksigen dikirim ke seluruh tubuh, ukuran otot bertambah dan kerusakan otot berkurang. Satu studi menunjukkan bahwa dua sesi sauna satu jam selama tujuh hari berturut-turut meningkatkan produksi hormon pertumbuhan manusia (HGH) dua hingga lima kali lipat.

Penurunan berat bahan bakar.

Penggunaan sauna secara teratur terbukti mengatur nafsu makan, meningkatkan metabolisme, dan meningkatkan pemanfaatan oksigen, membantu menurunkan berat badan bersama dengan pengurangan lemak tubuh.

Meningkatkan fungsi otak.

Faktor neurotropik yang diturunkan dari otak, atau BDNF meningkat dengan penggunaan sauna secara teratur, mengaktifkan pertumbuhan sel-sel otak baru, lebih baik mempertahankan sel-sel yang ada, dan meningkatkan neuroplastisitas, proses otak untuk membentuk koneksi saraf baru.

Nyalakan sistem kekebalan Anda.

Paparan panas dari penggunaan sauna meningkatkan protein kejutan panas, merangsang sel penyaji antigen, bersama dengan pelepasan sitokin, sehingga merangsang sistem kekebalan alami tubuh.

Demikian pembahasan mengenai 10 manfaat Kesehatan klinis yang terbukti dari penggunaan sauna, semoga bisa memberikan edukasi kepada anda semua.

Bagaimana, apakah masih ragu untuk melakukan sauna, atau anda masih ragu untuk menjadikan sauna sebagai kebiasaan hidup anda, setelah membaca hasil penelitian diatas, tentu anda sudah bisa memutuskan sendiri apa yang harus anda lakukan.

Setelah anda memutuskan untuk membuat ruang sauna pribadi anda dirumah, tentu anda akan mencari kontraktor sauna yang handal yang bisa mewujudkan sauna impian anda, tentu dengan tetap menerapkan bagaimana filosofi ruang sauna itu sendiri, sehingga selain anda mendapatkan desain ruang sauna impian, anda juga akan mendapatkan manfaat yang maksimal dalam bersauna.

Kami akan memberikan pelayanan pembuatan untuk ruang sauna impian anda, kami dari grandsauna Indonesia memiliki portfolio project dari berbagai element pembeli, mulai dari individu, residence, hotel dan kantor-kantor dan orang-orang ternama yang ada diseluruh Indonesia

Tunggu apalagi segera hubungi hotline kami untuk mendapatkan penawaran yang menarik untuk pembuatan ruang sauna impian anda.

1 Komentar

Tinggalkan Balasan