5 Cara Merawat Mesin Sauna Agar Tetap Awet dan Berfungsi Maksimal

Mandi sauna saat ini telah menjadi aktivitas yang semakin ramai dilakukan oleh masyarakat kota. Tidak terkecuali di Indonesia, hal ini tentu tidak terlepas dari beragam manfaat mandi sauna seperti menghilangkan stres, memulihkan kondisi tubuh yang letih, dan merelaksasi jaringan otot dan syaraf di tubuh kita. Dengan permintaan dan peminat yang semakin banyak, tentu hal ini mendorong pelaku bisnis untuk melirik dan mendirikan fasilitas sauna sebagai kesempatan bisnis yang cukup menjanjikan. Selain itu, saat ini di berbagai industri seperti perhotelan, perkantoran, gym, dan tempat olahraga juga semakin ramai memberikan fasilitas mandi sauna sebagai bagian layanannya. Terdapat tiga jenis sauna yang hadir saat ini yaitu sauna tradisional, sauna inframerah, dan sauna uap. Ketiga jenis sauna ini memiliki karakteristik yang sedikit berbeda namun memiliki garis besar dan fungsi yang sama. Dalam hal perawatan tentunya kita harus menyesuaikan dengan jenis sauna tersebut agar hasil perawatan bisa maksimal. Jika Anda adalah pemilik dan pengelola tempat yang memiliki fasilitas mandi sauna maka terdapat beberapa hal penting yang perlu diperhatikan dalam cara merawat mesin sauna agar tetap awet dan berfungsi maksimal. Berikut 5 cara merawat mesin sauna :

1. Rajin membersihkan dan sterilisasi alat pemanas Hal penting pertama yang harus Anda lakukan dalam upaya merawat mesin sauna adalah membersihkan dan sterilisasi alat agar komponen seperti tungku sauana dapat tetap berfungsi baik. Perawatan tungku sauna merupakan hal wajib apabila fasilitas sauna Anda ialah berjenis sauna tradisional dengan pemanas tungku.

2. Lakukan pengecekan dan pembersihan ruang sauna Ruang sauna merupakan tempat yang harus dicek dan dibersihkan secara bekala karena disitulah tempat pengguna sauna berkumpul. Kita tidak bisa pastikan setiap pengunjung selalu menjaga kebersihan di tempat sauna terlebih lagi di musim wabah seperti saat ini perlu upaya pencegahan. Kondisi ruangan sauna yang bersih akan memberikan kondisi bagus untuk merawat mesin sauna.

3. Mengecek kondisi bebatuan api Bebatuan api pada mesin sauna berfungsi sebagai penghantar panas dan penghalang air di elemen pemanas atau tungku sauna. Jika batuan tersebut pecah ataupun retak sebaiknya segera diganti dengan yang baru agar tidak menimbulkan debu atau partikel yang bisa menghambat proses pemanasan mesin sauna.

4. Perhatikan takaran tuang air kedalam bebatuan api Anda harus memperhatikan takaran dalam menuang air ke dalam bebatuan api karena apabila air yang dituangkan terlalu berlebih atau banyak bisa membuat air tersebut rembes ke elemen pemanas mesin sauna menjadi cepat rusak atau jebol baik elektrik maupun tradisional.

5. Cek kondisi kontrol panel suhu berkala Jika fasilitas sauna yang Anda miliki memiliki sebuah kontrol panel suhu maka pengecekan kondisi alat tersebut merupakan hal wajib. Selain sebagai fungsi kontrol suhu, panel ini juga biasa sebagai untuk menyalakan atau mematikan mesin pemanas sauna, menyetel waktu pemakaian, dan display trouble. Jadi perannya akan sangat penting bagi pengoperasian sauna secara modern.  

Demikianlah 5 cara merawat mesin sauna/tungku sauna agar tetap awet dan berfungsi maksimal. Jika terkendala dalam proses perawatan mesin sauna maka Anda perlu meminta bantuan jasa profesional yang ahli dalam bidang kelistrikan dan alat mesin.  

GRANDSAUNA INDONESIA

Alamat: Jalan Sultan Agung No.24 Jakarta Selatan – Kode pos 12980

Phone : 021 83706355

Fax : 021 28541788

Mobile :  087775535568

E-mail: [email protected]

Leave a Reply